Senin, 23 Agustus 2010

Pesona Sungai Musi

Sungai Musi sampai sekarang masih menjadi salah satu tempat tujuan pariwisata favorit di Kota Palembang. Penggemar wisata sungai juga cukup banyak, yakni dari wisatawan domestik, wisatawan mancanegara, dan tidak kalah juga dari warga Palembang sendiri.......... Salah satu tempat berkumpulnya para pelaku usaha pariwisata sungai bersama wisatawan dan warga berada di Dermaga Bentang Kuto Besak (BKB). Di dermaga tersebut, ada sekitar tujuh perahu ketek yang lokasi parkirnya berdekatan dengan benteng bersejarah tersebut.
Untuk melakukan perjalanan wisata sungai, wisatawan domestik beserta warga bisa menyewa perahu ketek dengan harga sewa bervariasi. Apabila mau menyewa perahu sampai Pulau Kemaro, tarifnya Rp 60.000 hingga Rp 70.000, sedangkan bila hanya sekadar berkeliling melihat pemandangan sungai, tarifnya berkisar Rp 40.000.
warga sekitar yang ada di seputaran benteng kuto besak dan lainnya sering melakukan perjalanan menyelusuri sungai musi, setidaknya dua kali dalam seminggu warga sekitar berwisata ke Sungai Musi. Selain terkait dengan soal keterbatasan tujuan wisata yang terjangkau bagi masyarakat Palembang, berwisata mengelilingi Sungai Musi juga bisa meredakan kepenatan pikiran dari aktivitas rutin sehari-hari.
Tempat favorit yang sering dikunjungi adalah Pulau Kemaro. Di tempat tersebut kita bisa bersantai menikmati keheningan suasananya. Selain kita bias melihat rumah rakit di kawasan Seberang Ulu.
Banyak wisatawan asal luar provinsi menyebut Kota Palembang sejak dulu terkenal dengan pariwisata Sungai Musi. Oleh karena itu belum lengkap rasanya jika singgah ke Palembang tak menyempatkan diri ke benteng kuto besak dan menyusuri sungai musi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar